Selasa, 20 November 2012

HUBUNGAN 5 ASPEK DALAM KINERJA PEGAWAI



  • MOTIVASI
       McClelland  
Dari McClelland dikenal tentang teori kebutuhan untuk mencapai prestasi atau Need for Acievement (N.Ach) yang menyatakan bahwa motivasi berbeda-beda, sesuai dengan kekuatan kebutuhan seseorang akan prestasi. Murray sebagaimana dikutip oleh Winardi merumuskan kebutuhan akan prestasi tersebut sebagai keinginan :“ Melaksanakan sesuatu tugas atau pekerjaan yang sulit. Menguasai, memanipulasi, atau mengorganisasi obyek-obyek fisik, manusia, atau ide-ide melaksanakan hal-hal tersebut secepat mungkin dan seindependen mungkin, sesuai kondisi yang berlaku. Mengatasi kendala-kendala, mencapai standar tinggi. Mencapai performa puncak untuk diri sendiri. Meningkatkan kemampuan diri melalui penerapan bakat secara berhasil.”

Saya  memilih motivasi menurut McClelland, McClelland menyatakan bahwa motivasi itu berbeda – beda sesuai dengan kekuatan kebutuhan sesorang untuk mencapai prestasinya. Saya setuju bahwa motivasi setiap orang memang berbeda-beda dan kekuatan kebutuhan akan mencapai prestasinya pun berbeda pula. contohnya seseorang akan berusaha sekuat – kuatnya untuk dapat menang dalam persaingan dengan pihak lain .
 


  •   KOMUNIKASI
Menurut WILLIAM ALBIG Komunikasi adalah proses sosial, dalam arti pelemparan pesan/lambang yang mana mau tidak mau akan menumbuhkan pengaruh pada semua proses dan berakibat pada bentuk perilaku manusia dan adat kebiasaan.

Saya memilih pengertian komunikasi menurut WILLIAM ALBIG, WILLIAM ALBIG menyatakkan bahwa komunikasi adalah proses sosial, pelemparan pesan/lambang yang berpengaruh dan berakibat pada prilaku dan adat mausia. Saya setuju dengan pengertian ini karena komunikasi adalah dimana kita berproses di dalam soaialisasi yang dapat berpengaruh pada prilaku dari manusia itu sendiri.
 


  • KONFLIK
Menurut Gibson, et al (1997: 437), hubungan selain dapat menciptakan kerjasama, hubungan saling tergantung dapat pula melahirkan konflik. Hal ini terjadi jika masing – masing komponen organisasi memiliki kepentingan atau tujuan sendiri – sendiri dan tidak bekerja sama satu sama lain.

Saya memilih pengertian konflik menurut Gibson, et al, Gibson menyatakan bahwa hubungan selain dapat menciptakan kerjasama, hubungan saling tergantung dapat pula melahirkan konflik. Saya setuju dengan sir Gibson karena jika kita dapat bekerjasama dengan baik dengan teman atau kerabat kita maka kita akan mendapatkan hasil yang baik, tapi jika kita tidak dapat bekerjasama dengan baik maka yang terjadi hanya pertengkarang yang berujung konflik.


  • KEPEMIMPINAN
Menurut Young (dalam Kartono, 2003) Pengertian Kepemimpinan yaitu bentuk dominasi yang didasari atas kemampuan pribadi yang sanggup mendorong atau mengajak orang lain untuk berbuat sesuatu yang berdasarkan penerimaan oleh kelompoknya, dan memiliki keahlian khusus yang tepat bagi situasi yang khusus.

Saya memilih pengertian kepemimpinan menurut Young, saya setuju dengan pengertian ini karena memang sudah seharusnya menjai pemimpin itu harus dapat mendorong dan mengajak para partnernya dalam menjalakan tugasnya agar menuju keberhasilan dan tetap berdasarkan penerimaan dari kelompoknya itu sendiri.


  • PERKEMBANGAN KARIR
 Menurut Sumitro  (2001  :  272)  Pengalaman,  seperti yang  dapat  dilihat  dari  biografi  seseorang, bermanfaat  untuk  melihat keterampilan, dan kompentensi  untuk  meningkatkan kewirausahaan, pengembangan nilai-nilai kewirausahaan, dan mendorong untuk mencetuskan ide-ide kewirausahaan. 

Saya memilih pengertian Perkembangan Karir menurut Sumitro, Sumitro  menyatakan bahwa Perkembanagan Karir adalah suatu pengalaman , saya setuju dengan pengertian ini karena kita dapat mengembangkan karir kita dengan melihat dari pengalaman, pengalaman dari diri anda sendiri yang pernah anda lakukan ataupun pengalaman dari oranglain yang bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi dalam kewirausahaan.

  SUMBER :
http://id.wikipedia.org/wiki/Konflik

http://jurnalpendidikanislam.blogspot.com/2011/12/teori-motivasi-menurut-para-ahli.html 

http://carapedia.com/pengertian_definisi_komunikasi_menurut_para_ahli_info487.html 

http://belajarpsikologi.com/pengertian-kepemimpinan-menurut-para-ahli/ 

http://www.sarjanaku.com/2012/09/pengertian-karir-menurut-para-ahli-dan.html
 

 
 
 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar