Minggu, 09 Juni 2013

Membuat Program Biodata pada Pascal



 Membuat Program Biodata pada Pascal :





Uses crt; => adalah suatu perintah yang berfungsi memberikan data pada program yang akan dijalanakan dan dapat menerima bahsa pemrogramman yang kita berikan.
Var Nama,Npm,Kelas : string; => var yaitu Variable, nah Nama,Npm dan Kelas diatas merupakan variabel string, string itu sendiri merupakan variable yang mencakup huruf,angka, dab symbol, tapi dalam angka variable string itu sendri tidak dapat digabungkan layaknya integer.
Begin => Merupakan perintah yang memberikan intruksi untuk memulai sebuah program yang akan kita buat.
Clrscr; => merupakan perintah yang berfungsi membersihkan layar saat program dijalankan
Write(‘  ‘); => berfungsi mencetak data yang terdapat didalam kurung dan kutip.
Readln(Nama); => berfungsi menginput data yang diketik yang diberikan oleh perintah write(‘ ‘).(Nama) perintah ini wajib sama dengan variable yang diberikan agar program dapat berjalan.
Readln(npm);readln(kelas); => perintah ini mempunyai fungsi yang sama dengan perintah sebelumnya yaitu Readln(Nama).
Writeln(‘nama=’,nama); => writeln ini berfungsi memberikan enter ke baris selanjutnya pada program sedangkan (‘nama=’,nama); perintah yang terdapat di dalam kutip akan muncul sama seprti yang didalamnya saat program dijalankan/running, sedangkan yang sesudah kutip atau sesudah koma merupakan program pemanghil inputan nama.
Writeln(‘npm=’,npm);,writeln(‘kelas=’,kelas); => mempunyai fungsi yang sama seperti perintah sebelumnya yaitu writeln(‘nama=’,nama);.
Readln; => perintah ini berfungsi sebagai alat untuk menampilkan hasil output dari data yang kita beri, jika perintah ini tidak ada maka program pun tidak akan berjalan dengan baik.
End. => perintah yang berfungsi sebagai pengakhir program.  

OUTPUT :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar