1. Apa yang dimaksud perilaku konsumen ?
menurut saya perilaku konsumen itu adalah proses seseorang berhubungan dengan
pemilihan produk dan jasa yang ingin dia cari atau ingin dia beli untuk
dimiliki .
gambar diatas adalah contoh dari seorang konsumen yang ingin membeli suatu
produk di suatu swalayan , dan dia sedang memilih produk yang dia inginkan atau
dia ingin membelinya .
2. Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah
perusahaan atau industri ?
menurut saya karena agar sebuah perusahaan atau industri agar tau produk
apa saja yang sedang diminati oleh para konsumen saat ini .
3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisis perilaku
konsumen ?
menurut saya ada tiga pendekatan yaitu :
-Pendekatan pertama adalah pendekatan interpretif. Pendekatan ini
menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal yang mendasarinya. Studi
dilakukan dengan melalui wawancara panjang dan focus group discussion untuk
memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan
apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli dan menggunakannya.
-Pendekatan ke dua adalah pendekatan tradisional yang didasari pada teori
dan metode dari ilmu psikologi kognitif, sosial, dan behaviorial serta
dari ilmu sosiologi. pendekatan
ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan perilaku
dan pembuatan keputusan konsumen. Studi dilakukan melalui eksperimen dan survei
untuk menguji coba teori dan mencari pemahaman tentang bagaimana seorang
konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan
sosial terhadap perilaku konsumen.
-Pendekatan ke tiga disebut sebagai sains pemasaran yang didasari pada
teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.Pendekatan ini dilakukan dengan
mengembangkan dan menguji coba modelmatematika berdasarkan
hierarki kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow untuk
memprediksi pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi, yang
dikenal dengan sebutan moving rate analysis.
Ketiga pendekatan sama-sama memiliki nilai dan tinggi dan memberikan
pemahaman atas perilaku konsumen dan strategi marketing dari sudut pandang dan
tingkatan analisis yang berbeda. Sebuah perusahaan dapat saja menggunakan salah
satu atau seluruh pendekatan, tergantung permasalahan yang dihadapi perusahaan
tersebut.
4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
Menurut saya faktor-faktor yang menentukan perilaku konsumen adalah :
faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
adalah kebudayaan, faktor sosial, pribadi, psikologis. Adapun penjelasannya
sebagai berikut:
a. Faktor kebudayaan
Kebudayaan merupakan penentu keinginan dan perilaku yang paling mendasar untuk
mendapatkan nilai, persepsi, preferensi dan perilaku dari lembaga-lembaga
penting lainnya.
b. Faktor sosial
Kelas sosial merupakan pembagian masyarakat yang relatif homogen dan
permanen yang tersusun secara hierarkis dan yang anggotanya menganut nilai-nilai,
minat, dan perilaku yang serupa.
c. Faktor pribadi
Faktor pribadi didefinisikan sebagai karakteristik psikologis seseorang
yang berbeda dengan orang lain yang menyebabkan tanggapan yang relatif
konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan.
d. Faktor psikologis
Faktor psikologis sebagai bagian dari pengaruh lingkungan dimana ia tinggal
dan hidup pada waktu sekarang tanpa mengabaikan pengaruh dimasa lampau atau
antisipasinya pada waktu yang akan datang.
kesimpulan dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ke 4 faktor
tersebut sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumen, apabila salah satu
faktor tersebut tidak ada pada diri konsumen maka dapat mempengaruhi perilaku
konsumen pada kehidupan sehari-harinya.
5. Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?
menurut saya dalam menyikapi masalah perilaku konsumen kita harus bisa
memanfaatkan teknologi sehingga kita bisa tau produk apa saja yang sedang trend
atau eksis dipasaran sehingga kita bersaing untuk lebih maju dan para konsumen
bisa memilih barang atau produk yang dia cari atau dia inginkan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar